Friday, June 30, 2006

Australia Siapkan Aus$ 63 Juta untuk Aceh, Nias, Yogya, Klaten

Denpasar (detikcom) -
Pemerintah Australia menyiapkan dana bantuan tambahan Aus$ 63 juta untuk pembangunan kembali Aceh-Nias dan Yogyakarta-Klaten. Dari jumlah itu, sebanyak Aus$ 30 juta digunakan untuk rekonstruksi Bantul dan Klaten. Bantuan ini untuk memperbaiki dan membangun sekolah, fasilitas kesehatan dan perumahan, serta mengembalikan mata pencaharian masyarakat.

Sedangkan Aceh-Nias kebagian Aus$ 33 juta. Rinciannya, Aus$ 10 juta untuk rekonstruksi Nias, membangun kembali prasarana jalan dan sekolah, dan Aus$ 23 juta untuk rekonstruksi Aceh utamanya untuk perumahan dan penataan tanah.Dana Aus$ 63 juta ini merupakan bantuan tambahan setelah sebelumnya dikucurkan Aus$ 1 miliar. Jumlah total bantuan pembangunan Australia untuk Indonesia akan mencapai Aus$ 2 miliar dalam kurun waktu 5 tahun.

Bantuan itu termasuk untuk manajemen perikanan, penanggulangan illegal fishing, illegal logging, reboisasi dan pendidikan."Indonesia mengapresiasi komitmen Australia bahwa bantuan untuk pembangunan tidak dipakai untuk membiayai aktivitas politik yang mendukung gerakan separatis di Indonesia," kata Menko Perekonomian Boediono dalam joint press bersama 11 menteri Indonesia dan 5 menteri Australia usai acara Forum Menteri Indonesia-Australia di Denpasar, Kamis (29/6/2006).

Menlu Australia Alexander Downer menyoroti tentang kerjasama pertahanan yang bukan merupakan kerjasama sekutu militer seperti dengan AS. Kerjasama pertahanan ini adalah dalam bentuk melawan teroris dan kejahatan lintas wilayah. (nrl)

Sumber: http://www.detiknews.com/

0 Comments:

Post a Comment

<< Home